Minggu, Mei 04, 2008

Berakhir Sudah

Kamis, 1 Mei 2008, hari libur. Hari itu, aku mengikutin kegiatan EXPO yang dilaksanakan oleh teman-teman, cukup besar kegiatannya (Talk Shaw Remaja, Pemeriksaan Kesehata, Gigi, Bekam, Pentas Nasyid, Lomba Mewarnai, Menulis dan Silahturahmi). Kegiatan acara ini dilaksanakan mulai pukul 08.00-17.30 WIB, ternyata mundur 1 jam , jadi terlaksana mulai pukul 09.00 WIB, dikarenakan persiapannya belum selesai.
Di kegiatan ini, aku dibagian Acara talk Shaw Remaja dengan Tema “Serunya Dunia Kita” dengan pemateri T' Sasa (Istri Aam Amirudin), T' Nini (istri Aa Gym) dsn Ustd. Darlis Fajar. Dari tiga pemateri ini, materi yang disampaikan bagus semuanya, yang paling aku suka pematerinya, ustad Darlis, karena lebih ke tahuiid dan pas dengan judul pematerinya. Sayang waktunya singkat dikarenakan mundur waktunya satu jam. Alhamdulillah sesi pertanyaan dan kegiatan ini Insya Allah puas dan bermanfaat . Amin.
Selesai talk shaw, penanggung jawab memberikan pelangkat/bingkai kenang-kenangan buat pemateri. Yang paling tidak enak, kesalah pahaman pemberian amplop ke pemateri, saat pulang, aku berlari ke penanggung jawab expo kalau waktunya pemberian pelangkat kenang-kenangan ke pamateri dan aku kembali berlari menanyakan uang yang sudah aku pisahkan tadi ke ikhwan, benar-benar diriku tidak fokus, karena dadakan waktunya pulang dan uang yang aku udah pisahkan ke amplop, sedangkan amplopnya di pegang sama ikhwan, melihat amplopnya kusut, terpaksa nyari lagi amplopnya dengan dadakan sekali biar rapi maksudnya, dan disinilah koordinasi dengan panitia terjadi kesalah pahaman karena komunikasi yang aku sampaikan ke teman kurang jelas, masing-masing jadi sibuk deh mengatar pemateri. Aku jadi bingung dengan panitia lain, kenapa mereka tidak melihat waktu acara selanjutnya apa? Apa karena pada terlena dengan materi yang disampaikan? berkali-kali aku yang mengingatkan . Dan aku juga ditugaskan ketua panitia untuk megang jadi operator komputer.
Dan paling malu disini, salah satu pemateri talk shaw ini memberi sumbangan uang yang cukup besar buat kegiatan ini. Tapi karena kesalahan komunikasi dan setiap amplop udah aku pisah kan, aku juga fokus ke pemateri akhwat satunya, dan teman akhwat ku juga mendaping pemateri akhwat satunya juga. Karena aku salah mengkomunikasikan dengan jelas, teman aku memberikan amplop itu dengan pedenya kalau amplop itu berisi surat, sebelumnya pemateri ini tidak mau menerima alias menolak, karena teman ku bilang, bahwa ini bukan uang, tapi surat. Ya sudah diterima sudah amplop itu. Setelah aku mendapingi pemateri akhwat sampai menghatar di depan mobil nya, aku kembali ke markas dan menanyakan, amplopnya masih dibawakan?. Jawab teman ku, udah di kasih, “apa?” jawab ku, waduh, tidak enak euy,,,itu isinya bukan surat. Teman ku juga merasa tidak enak juga, malu, pemateri ngasih uang ke kegiatan lebih besar di bandingkan dengan uang kita berikan. Saling merembuk aku, teman ku dan ketua panitia, kemudian menyelesaikan masalah itu, sarannya lebih baik bilang sama teteh dengan jujur aja, kalau tadi ada kesalah pahaman, pasti Insya Allah teteh mengerti. Ya itu jawabnya, selesai sudah masalah satu ini. Hemm, tetap aja sampai sekarang malu kalau ingat masalah itu.
Kegiatan ini terus berlanjut setelah, istirahat untuk sholat dzuhur,dilanjutkan acara pentas nasyid terdiri dari, pelangi, anak jalanan,anak panti asuhan, ummi maktum dan puisi. Kalau ini bukan saya bukan bagian acaranya. Jadi aku hanya nonton. Waktu selesai acara ini sampai pukul 15.00 WIB. Selesai Shalat ashar, kegiatanya adalah silahturahmi dengan isi acara: pembukaan bersama-sama membaca Asmahul husa diiringi musik, pemutaran film dan pengisi pemateri dari pemimpin nya. Kegiatan ini berakhira, sebelum adzan magrib. Maka berakhir sudah acara ini. Atau berakhir sudah buat aku di kegiatan ini,,,,kemungkinan tidak aktif lagi di kegiatan ini,,,kalau ada agenda lagi. Lambat laun bisa tidak nongol lagi....
Biasanya, beres kegiatan, kita berkumpul untuk laporan pertanggu jawaban kegiatan alias LPJ, karena sudah malam, sudah lelah dan juga panitia lain punya anggenda rapat sendiri, jadinya ditunda ke hari Minggu. Tapi, aku bilang ke ketua panitia, bahwa hari minggu, aku tidak bisa hadir, karena udah punya agenda lain. Walaupun kalau LPJ dilaksanakan pas hari itu atau pas selesai kegiatan EXPO, tetap saja aku tidak bisa ikut hadir, sebab sudah punya janji sama saudara, ditunggu di rumah sakit, setelah selesai kegiatan expo.
Sudah lama tidak berjumpa dengan saudaraku ini. Disinilah puncak kebahagiaan terbesar yang aku rasakan adalah disaat bertemu saudaraku. Walaupun di kegiatan expo banyak teman, tapi tetap terasa seperti biasa, karena mungkin hanya sekedar membantu aja di kegiatan itu. Karena saat bertemu dengan saudaraku ini banyak mendapatkan ilmu, pelajaran, indahnya kebersamaan dan pencerahan yang sangat bermanfaat buat diri dan tidak tergantikan, satu visi dan satu pemahaman . Sehati kali ya.....